EKONOMI

8 Tujuan dan Pengertian Manajemen Keuangan

Pembangunan sebuah perusahaan tidak akan mungkin tanpa adanya keuangan di dalamnya, karena keuangan merupakan pondasi dan bersifat riskan. Jika anda tidak dapat mengelola keuangan tersebut dengan baik, maka bisa menjadi kacau dan membuat perusahan merugi. Jadi apakah anda sudah mengetahui apa tujuan dan pengertian manajemen keuangan?

Maka dari itu agar tidak dapat menimbulkan kekacauan tersebut perusahaan membutuhkan manajemen keuangan.

Apa Pengertian Manajemen Keuangan?

Manajemen keuangan adalah untuk merencanakan, mengendalikan, mengelola dan menyimpan seluruh data asset dan dana yang dimiliki oleh perusahan merupakan pengertian manajemen keuangan.

Sehingga anda perlu membuat suatu rencana agar di kemudian hari anda tidak akan mendapatkan masalah. Manajemen keuangan ini akan mengurusi dan mengatur keuangan tersebut dengan baik dan benar.

Tujuan Manajemen Keuangan?

Selanjutnya adalah tujuan dari manajemen keuangan yang terbagi menjadi beberapa bagian yakni sebagai berikut:

1. Arus Kas Terjaga

Pembengkakan keuangan ketika terjadinya pengeluaran dan pemasukan uang kas di dalam perusahaan sering kali terjadi. Sehingga hal tersebut membuat perusahaan menjadi rugi besar.

Uang kas tersebut biasanya digunakan untuk segala kebutuhan perusahaan seperti gaji karyawan, beli alat dan bahan baku, dan lain sebabagainya.

Sehingga dengan anda menggunakan system manajemen keuangan anda akan lebih mudah untuk menjaga arus kas di perusahaan anda.

2. Keuangan Perusahaan Lebih Maksimal

Manajemen keuangan selain memiliki tugas untuk mengawasi keuangan ada tugas lain yakni melihat aktivitas anggaran di perusahaan tersebut.

Sehingga manajemen keuangan dapat memaksimalkan keuangan dengan mengganti dan meghilangkan dana yang tidak memberikan keuntungan bagi perusahaan.

3. Keuangan Modal Terstruktur

Keseimbangan anggaran pinjaman yang dimiliki oleh perusahaan harus dapat diatasi dengan manajemen keuangan ketika merencanakan sebuah struktur modal.

4. Keuntungan Lebih Maksimal

Dalam merencanakan keuangan perusahaan manajer keuangan harus dapat memberikan kemaksimalan keuntungan dan semua itu harus memiliki jangka waktu yang panjang.

5. Efesien Meningkat

Keefesiensi keuangan dalam system manajemen keuangan akan dapat meningat ketika dana anggaran sesuai dengan aspeknya.

6. Kekayaan Perusahaan Menjadi Optimal

Peluang perusahaan untuk mendapatkan pasar saham sangatlah banyak, maka manajer keuangan harus dapat membacanya. Selain itu membagi laba yang di miliki oleh pemegang saham dapat memberikan kepercayaan dan meningkatkan suatu perusahaan kepada pemegang saham. Supaya mereka dapat melakukan investasi secara terus menerus kepada perusahaan kita.

7. Risiko Operasional Dapat Terkurangi

Risiko di dalam sebuah bisnis yang datang setiap hari dapat terkurangi dengan berbagai keputusan yang diberikan oleh manajer keuangan. Sehingga dalam melakukan menajemen keuangan dapat berpengaruh sekali di dalam bisnis tersebut.

8. Biaya Modal Terkurangi

Melakukan manajemen keuangan oleh manajer keuangan harus dapat dilakukan dalam suatu rencana yang tepat dan akurat. Supaya nanti dalam menggunakan modal bisa lebih diminimalisir.

Tips Mengelola Manajemen Keuangan?

Jika anda sudah mengetahui tujuan dari manajemen keuangan dalam suatu perusahaan maka saatnya kita membahas tentang tips mengelola manajemen keuangan di dalam suatu bisns anda.

1. Rekening Pribadi Harus Dipisahkan

Biasanya hal seperti ini masih sering dilakukan oleh para pebisnis pemula. Mereka masih mencampur rekening mereka menjadi satu. Sehinga membuat keuangan perusahan kacau, maka anda perlu menerapkan manajemen keuangan di dalam bisnis anda.

Dengan cara memisahkan antara rekening perusahaan dengan rekening pribadi.Sehingga keuangan perusahaan dan keuangan yang anda miliki dapat diminimalisir kebocorannya.

2. Gaji Diri Anda Sendiri dengan Bijak

Walaupun anda merupakan pemilik dari perusahaan ini sendiri, anda harus dapat menyisipkan dana untuk menggaji diri anda sendiri sesuai dengan kebutuhan anda.

Selain itu anda juga harus mempunyai catatan pinjaman keuangan perusahan yang akan anda gunakan untuk memuhi kebutuhan anda. Ini akan menjadi sebuah tips mengelola manajemen keuangan di dalam perusahaan anda.

3. Membuat Buku Laporan

Anda harus membuat sebuah buku laporan untuk mencatata segala kegiatan masuk keluarnya uang perusahaan. Supaya anda dapat segera tahu apakah perusahaan anda mendapatkan untung atau rugi.

4. Uang Menginap di Karyawan Harus Dihindari

Anda sebagai pemilik perusahaan harus menghindari uang milik perusahaan dibawa oleh karyawan pengatur keuangan perusahaan. Hal yang mungkin terjadi adalah uang tersebut akan digunakan untuk kebutuhan pribadi karyawan.

5. Selalu Update Stok Barang

Jika anda menerapkan manajemen keuangan yang baik, maka anda perlu update stok barang di perusahaan. Hal ini menghindari hal buruk terjadi di perusahaan anda seperti menipulasi barang, kesalahan dalam penjualan barang dan masih banyak yang lainnya.

View Comments